Tidak semua orang memasarkan mobilnya karena kondisinya sudah tidak bagus lagi. Ada juga banyak, mobil dengan kondisi kedua yang kualitasnya mendekati mobil baru dan murah seperti harga nissan juke. Tentu saja, untuk dapat menemukan mobil bekas yang berkualitas, kejelian dibutuhkan.

Selain mengamati kondisinya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih mobil bekas yang berkualitas dari kami:

  1. Catatan Layanan Lengkap

Satu urgensi untuk ditanyakan adalah catatan layanan kendaraan. Apakah layanan reguler dilakukan? Jika demikian, apakah daftar sudah lengkap? Di bengkel mana layanan dilakukan?

Catatan servis adalah yang paling penting karena mobil yang dirawat secara teratur, tentu saja, akan memiliki kinerja dan situasi yang lebih baik. Mobil yang diservis secara teratur juga mencerminkan identitas pemilik sebelumnya yang dikawal dan menangani situasi mobil.

Jika memungkinkan, pilih mobil yang jarang diservis di bengkel resmi, sejauh Anda juga dapat memastikan kemurnian odometer mobil target Anda.

  1. Jadilah Peringatan Harga Mobil

Pepatah “ada harga seperti itu” berlaku ketika Anda melakukan pembelian mobil bekas. Bukannya kami tidak dapat mengejar mobil berkualitas dengan harga murah, tetapi Anda harus lebih berhati-hati dan jeli untuk memeriksa situasi mobil ketika harganya jauh di bawah pasar.

Ini karena tidak sedikit mobil bekas dan banjir yang dipasarkan ulang dengan harga murah. Selain itu, penjual terkadang membebankan harga rendah untuk menarik pembeli ke ruang pamer mereka untuk menawarkan mobil lain.

  1. Periksa Aksesori dan Interior

Saat memeriksa situasi mobil, periksa dulu bagian dalam mobil. Tidak ada komponen interior yang perlu diperiksa untuk fungsi-fungsi seperti AC, sistem audio, dan sakelar lampu. Anda harus memastikan semua fitur berfungsi dengan baik, terutama fitur yang sepi seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, periksa situasi interior mobil. Usahakan duduk depan dan kursi belakang masih nyaman, periksa situasi dashboard, plafon dan karpet. Juga perhatikan bau interior, apakah interior apak? Jika demikian, ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil telah banjir.

  1. Periksa Bodi Mobil

Setelah itu, periksa situasi bodi dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan komponen, seperti pintu, kap mesin dan kaca depan, asli atau tidak. Selain itu, perhatikan juga kondisi cat mobil, terkadang cat mobil ini bergaris-garis karena perbaikan yang tidak tepat.

Sangat penting ketika memeriksa tubuh adalah struktur rangka utama mobil. Pastikan rangka atau sasis mobil masih dalam kondisi prima, tidak ada tanda-tanda tabrakan atau perbaikan.

  1. Periksa Kondisi Mesin

Selesai memeriksa bagian luar, buka kap untuk memeriksa situasi mesin mobil. Ini adalah bagian penting dari proses inspeksi. Mobil harus mudah dinyalakan, kemudian pastikan suara mesin tidak kasar dan lihat apakah ada kebocoran pada komponen mesin.

Kualitas mesin mobil akan lebih terasa ketika Anda mengendarainya langsung di jalan raya. Karena itu, mintalah untuk melakukan test drive pada vendor mobil. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi, dan kaki-kaki mobil, kini saatnya menguji kenyamanan berkendara.

  1. Kelengkapan Dokumen

Setelah memeriksa situasi mobil dan kami merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan sertifikat kendaraan, seperti registrasi kendaraan, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil standar, tanyakan Formulir A dari mobil.

Juga cocok dengan nomor bingkai dan nomor mesin mobil, memastikan bodi mobil cocok dengan huruf. Anda harus memastikan bahwa mobil yang ingin Anda beli memiliki BPKB dan registrasi kendaraan dengan nama asli pemiliknya.