Apa Sih Obligasi Indonesia Itu?

  • 2 min read
  • Mar 24, 2020
Obligasi

Obligasi adalah salah satu organisasi yang bergerak untuk masalah hutang dalam bentuk sekuriti yang sengaja diterbitkan oleh pemerintah, korporasi, atau penerbit lainnya yang ditujukan untuk mengumpulkan dana. Sang penerbit dari obligasi akan membayarkan kembali hutang pokok beserta kupon bunganya yang nanti akan diserahkan pada saat jatuh tempo pembayaran.

Manfaat ketika Anda berinvestasi dalam Obligasi

  1. Pada umumnya, obligasi memberikan tingkat pengembalian yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito berjangka lainnya dengan jangka waktu pengembalian yang hampir sama.
  2. Obligasi memberikan pendapatan bunga yang reguler selama jangka waktu yang saat itu masih berlaku.
  3. Obligasi dapat Anda cairkan sebelum jatuh tempo.
  4. Tersedia beragam obligasi dengan banyak pilihan jangka waktu pembayaran.
  5. Saat harga dari obligasi naik, apresiasi modal turut memberikan Anda keuntungan.

Obligasi pemerintah atau biasa disebut juga dengan government bond adalah salah satu obligasi yang diterbitkan khusus oleh pemerintahan dari suatu negara dalam sistem denominasi dari mata uang di negara tersebut. Obligasi pemerintah dalam denominasi valuta asing biasa disebut juga dengan obligasi internasional (sovereign bond).

Resiko yang akan Anda terima ketika mengikuti investasi di Obligasi Indonesia!

Obligasi pemerintah biasanya disebut juga dengan obligasi bebas risiko karena obligasi pemerintah dari suatu negara bisa saja menaikkan pajak di negara tersebut ataupun mencetak uang lebih banyak untuk melunasi hutang pembayaran obligasinya pada saat jatuh tempo pengembalian. Memang terdapat catatan dimana pada saat obligasi pemerintah ini mengalami gagal pengembalian pembayaran seperti yang pernah dialami oleh pemerintahan Rusia pada tahun 1998 yang disebut-sebut sebagai krisis keuangan Rusia, walaupun ini bisa dikatakan sangat langka terjadi.

Obligasi pemerintah ini juga mengandung banyak sekali risiko apabila obligasi sudah diterbitkan oleh pemerintah di suatu negara yang di mana negaranya saat ini memiliki kapabilitas kebijakan finansial yang kurang bagus. Contohnya yaitu di negara Bulgaria, yang di mana negara ini memiliki ketergantungan besar terhadap perkembangan ekonomi dunia dan lembaga ekonomi dunia lainnya, di mana ketergantungan ini melebihi dari ketergantungan negara lainnya misalnya saja negara Amerika. Ada beberapa obligasi di negara ini yang memperoleh peringkat dalam mata uang domestiknya pada skala A- setelah tahun 2004. Hingga pada bulan Februari tahun 2006 Standard & Poor\’s memberikan peringkat terhadap hutang jangka panjang di negara Bulgaria dalam mata uang domestiknya pada skala BBB+. Dan peringkat ini sebagai hasil selama beberapa dekade negara Bulgaria mengalami penurunan risiko dan kenaikan peringkat.

Jenis-jenis Obligasi Indonesia

  1. Surat Utang Negara (SUN)
  2. Surat Perbendaharaan Negara (SPN) jangka waktu maksimal pengembalian 12 bulan dengan pembayaran bunga sistim diskonto.
  3. Obligasi Negara ; jangka waktu bisa diatas 12 bulan
  4. Tanpa kupon : pembayaran dari bunganya tercermin secara implisit di dalam selisih antara selisih harga pada saat penerbitan dan selisih nilai nominal yang diterima pada saat jatuh tempo pengembalian
  5. Dengan kupon : pembayaran bunganya dihitung dengan persentase tertentu atas nilai nominal dan harus dibayarkan secara berkala
  6. Berbunga tetap
  7. Berbunga mengambang
  8. Obligasi berdenominasi valuta asing
  9. Obligasi Republik Indonesia ( ORI) yaitu sama seperti SUN ritel yang dijual kepada investor publik dengan nilai nominal untuk per lembarnya adalah Rp. 5.000.000

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Obligasi Indonesia semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.