Setelah memutuskan untuk membeli produk asuransi dan membayarkan sejumlah biaya premi setiap bulan atau setiap tahun, maka sejak itu mobil langsung terlindungi dengan baik. Perbedaan antara mobil yang menggunakan asuransi atau tidak tentu dari segi perlindungannya. Bagi yang memakai asuransi baik mobil yang dibeli dengan harga murah sampai mahal tentu pemiliknya akan merasa tenang dan tidak khawatir berlebihan jika memang terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Tetapi jika sebuah kendaraan roda empat tidak dilengkapi dengan asuransi maka pemilik akan merasa tidak tenang karena jika terjadi benturan atau kecelakaan maka kerusakannya harus ditanggung secara pribadi dan jumlahnya tidak sedikit.
Makanya setiap pemilik kendaraan harus terbuka terhadap produk asuransi yang ditawarkan oleh banyak perusahaan. Tidak ada salah memahami terlebih dari setiap produk yang ditawarkan karena semua produk biasanya akan cocok dengan kebutuhan saat ini. Sebagai contoh, dalam produk asuransi untuk mobil ada 2 jenis yang akan ditawarkan. Pertama adalah all risk yang menanggung semua kerusakan dari yang kecil hingga yang besar namun biayanya lebih mahal. Lalu ada juga produk TLO yang hanya berani menanggung kerusakan yang terjadi lebih dari 75%. Jika kerusakan di bawah persentase tersebut maka perusahaan tidak akan menanggung karena sesuai kesepakatan sejak awal.
Selain itu, banyak juga orang yang sudah menggunakan asuransi tapi belum tahu cara klaim. Padahal setiap kerusakan yang terjadi dan terdapat pada perjanjian nasabah dengan perusahaan maka bisa langsung dilakukan klaim. Untuk orang-orang yang belum tahu, berikut ini adalah cara klaim asuransi mobil yang benar.
- Pertama yang harus dilakukan adalah mengambil foto kendaraan apalagi sekarang semua bisa dilakukan online. Jadi nasabah bisa langsung mengirim foto mobil pada bagian yang mengalami kerusakan dan mengisi formulir dengan lengkap sehingga bisa langsung dikirim secara online.
- Selanjutnya adalah menyiapkan semua berkas penting seperti fotocopy STNK, KTP, dan juga SIM serta dokumen pendukung lainnya dan serahkan kepada perusahaan asuransi.
- Lalu datang langsung ke bengkel rekanan perusahaan asuransi untuk melakukan pengecekan kondisi fisik kendaraan dengan benar. Bahkan ada juga bengkel rekanan yang menawarkan untuk langsung diperbaiki karena sudah dicover dengan asuransi yang dibayarkan nasabah.
- Berikutnya isi formulir dengan lengkap berisi penggunaan dana asuransi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Setelah mengisi formulir maka perusahaan asuransi mobil akan langsung melakukan pengecekan atau review terkait pengajuan klaim nasabah.
- Tahap selanjutnya adalah menunggu info dari bengkel jika memang mobil sudah selesai diperbaiki dan bisa digunakan kembali seperti biasa.
Itulah cara klaim yang benar jika memang ada kerusakan yang terjadi pada mobil. Sekarang juga ada platform yang bernama mobbi menjual mobil bekas yang sudah dilengkapi dengan produk asuransi terbaik. Ditambah juga memiliki jaringan bengkel yang luas sehingga akan membuat pemilik kendaraan tenang pergi kemana saja. Jadi bagi yang tertarik beli mobil bekas sepaket dengan asuransi maka bisa langsung buka aplikasi mobbi yang dulunya dikenal dengan mo88i.