Salah satu pelajaran yang harus diajarkan kepada anak sejak dini yaitu belajar menabung. Dengan mengajarkan menabung kepada anak sejak kecil, maka anak akan mulai terbiasa dengan menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Namun sayangnya banyak para orang tua yang tidak mengetahui bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mengajarkan anak dalam menabung.

Saat ini, beberapa bank menyediakan tabungan anak salah satunya yaitu seperti BRI Junio. Melalui tabungan pendidikan anak yang bagus BRI Junio inilah maka para orang tua tidak perlu khawatir dan bingung bagaimana cara mengajarkan anak agar bisa menabung secara konsisten.

Cara Mudah Mengajarkan Anak untuk Bersemangat Menabung

Karakter setiap anak memang tidak sama, ada anak yang suka jajan, ada pula anak yang tidak suka jajan. Pada dasarnya hal ini tergantung bagaimana orang tua mendidiknya. Karena itu para orang tua selalu disarankan agar memperhatikan masa depan si kecil mulai dari sekarang. Salah satunya yaitu dengan mempersiapkan tabungan untuk anak.

Berikut ini cara mudah untuk mengajarkan anak supaya bersemangat dalam menabung, di antaranya:

  1. Ajarkan Kepada Anak Betapa Pentingnya Mengatur Keuangan

Langkah yang pertama, orang tua harus mengajarkan kepada anak mengenai peran penting dalam mengatur keuangan dari sekarang sampai hingga dewasa nanti. Ajarkan pula kesalahan dalam pengaturan keuangan supaya anak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang kurang baik. Melalui cara inilah maka anak akan mendapatkan sedikit materi mengenai keuangan.

  1. Berikan Uang Lebih Kepada Anak

Anda bisa memberikan uang yang lebih kepada anak, namun dengan catatan uang lebih tersebut digunakan untuk disisihkan dan ditabung. Misalnya saja Anda memberikan saku untuk jajan di sekolah, namun juga memberikan uang kepada anak untuk disimpan dan ditabung. Melalui cara ini maka anak akan mulai terbiasa menabung dan secara konsisten menabung setiap harinya.

  1. Apresiasi Anak Jika Mencapai Keberhasilan

Supaya anak lebih bersemangat lagi dalam menabung maka Anda bisa memberikan uang sebagai wujud apresiasi pada saat anak mencapai suatu keberhasilan. Misalnya saja mendapatkan nilai yang bagus, membantu orang tua ataupun keberhasilan yang lainnya. Untuk uang apresiasi tersebut juga bisa Anda jelaskan supaya ditabung dan tidak untuk jajan.

  1. Sediakan Cemilan Atau Makanan yang disukai Anak

Strategi yang harus dilakukan para orang tua supaya anak tidak suka jajan diluar rumah yaitu dengan menyediakan camilan atau makanan yang disukai anak di rumah. Berikan penjelasan kepada anak bahwa jajan diluar tidak terjaga kebersihannya. Sehingga makan di rumah akan jauh lebih baik. Selain mengajarkan anak supaya lebih menghemat cara ini pun juga mengajarkan anak supaya memiliki gaya hidup yang sehat.

  1. Buat Rekening Khusus Anak

Supaya anak lebih bersemangat dalam menabung, maka para orang tua bisa membuka rekening khusus untuk tabungan anak. Saat ini ada banyak sekali bank yang menawarkan produk berupa pembukaan rekening tabungan yang dikhususkan untuk anak, misalnya saja seperti BRI Junio. Anda bisa mencari informasi yang lebih banyak seputar BRI Junio supaya bisa mengajarkan anak menabung dengan cara yang praktis dan konsisten.

Mengajarkan anak untuk menabung di jaman milenial ini tidak perlu ribet karena masih ada BRI Junio yang mengajarkan segala kemudahan dalam menabung. Termasuk menabung dengan cara yang sangat praktis melalui beberapa fitur yang ditawarkan oleh BRI Junio. Anda dapat langsung mendaftarkan anak supaya mempunyai rekening sendiri. Sehingga secara tidak langsung cara ini mampu mendorong motivasi sang anak lebih menyisihkan uangnya untuk ditabung.