Jangan Salah Pilih! Berikut Tips Memilih Hosting WordPress

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Hosting Wordpress

Web hosting merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk mengonlinekan website yang kita miliki melalui jaringan internet. Dengan menggunakan layanan web hosting, artinya blog atau website yang kita gunakan bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Lalu, apakah sama dengan Hosting WordPress?

Berdasarkan pengertian wordpress hosting atau hosting wordpress adalah suatu layanan yang khusus dibuat untuk mengoptimalkan website dari CMS WordPress. Banyak kelebihan yang diberikan bagi kamu pengguna CMS WordPress, ketika memakai layanan Hosting WordPress.

Tak bisa dipungkiri lagi, saat ini perputaran dunia teknologi semakin pesat. Nah, ketika kamu pengguna wordpress dan memakai layanan Hosting WordPress maka kamu akan unggul dalam hal kecepatan dan keamanan website. Tidak hanya itu, kamu juga tak perlu pusing lagi perihal resource limit yang terbatas.

Tips Memilih Hosting WordPress

Bagaimana? Apakah kamu saat ini tertarik menggunakan Hosting WordPress? Jika iya, kamu perlu mengetahui beberapa tips memilih layanan Hosting WordPress.

  1. Sudah Memakai WordPress Accelerator

Tips pertama saat ingin menyewa atau menggunakan layanan Hosting WordPress, ketahui dulu apakah sudah mendukung fitur wordpress accelerator. WordPress accelerator adalah fitur yang membantu website agar lebih cepat ketika diakses. Jangan sampai loading blog atau website yang lambat malah membuat pengunjung kecewa.

Salah satu alat ukur dari Pagespeed Insights Google adalah loading blog yang bagus ketika telah mencapai skor hijau. Skor hijau ini mengartikan bahwa website yang kamu miliki bisa diakses dengan cepat.

  1. Menggunakan Penyimpanan berbentuk SSD

SSD merupakan pilihan penyimpanan yang cepat. Bagi kamu yang menginginkan blog diakses lebih cepat, gunakanlah Hosting WordPress yang penyimpanannya menggunakan SSD. Dulu sebelum SSD, kita dikenalkan dengan HDD atau Harddisk. Nah, SSD ini lebih cepat sehingga loading blog kamu tambah mantap ketimbang menggunakan penyimpanan harddisk.

  1. Hosting WordPress Support Backup Data

Tips selanjutnya dalam memilih hosting untuk wordpress adalah kamu perlu memperhatikan jadwal backup data dari layanan hosting tersebut. Apakah backup data dilakukan harian atau mingguan? Penting sekali mengetahui hal ini karena menyangkut data blog atau website kamu.

Jika website mengalami gangguan seperti terjadi deface oleh hacker, tentu bisa berakibat fatal jika kamu tidak mempunyai backup data. Tidak ingin terjadi hal seperti ini bukan? Lebih jeli lagi untuk memperhatikan fitur-fitur apa saja yang diberikan termasuk persoalan backup data.

  1. Ada Fitur Keamanan yang Bagus

Tidak hanya di lingkungan dunia di sekitar kita yang terjadi tindak kejahatan, tetapi di dunia digital kejahatan masih tetap ada. Salah satu kejahatan digital yang hingga saat ini tidak ada habisnya adalah pelaku hacker yang merusak sistem website yang kita miliki. Penting bagi kamu untuk mengetahui apakah ada fitur keamanan yang diberikan oleh layanan Hosting WordPress yang ingin kamu pilih.

Jika website kita memiliki keamanan yang bagus, susah bagi peretas untuk masuk ke sistem website yang kita miliki. Percayalah, kejahatan di dunia digital akan selalu mengintai. Selain memperhatikan layanan hosting yang kita pilih, dari kita sendiri juga perlu berhati-hati dalam menjaga website yang kita miliki. Jaga selalu kerahasiaan username dan password login admin website, gunakanlah template dan plugin yang original, dan lain sebagainya.

Baiklah, cukup sekian mengenai tips memilih Hosting WordPress yang bisa kamu ikuti. Jeli dalam memilih ya sobat. Perhatikan fitur yang diberikan sebelum melihat harga Hosting WordPress yang tertera. Rekomendasi pilihan tempat yang menyediakan layanan Hosting yang bisa kamu pilih adalah Rumah Hosting. Harga yang bersaing, kualitas terjamin. Semoga tipsnya bermanfaat.