Sudahkah Anda mencicipi aneka kuliner khas pantura yang satu ini, jika belum, atau Anda bingung dengan makanan khas Indramayu yang nikmat, maka ulasan berikut ini pas untuk Anda.

  • Pindang Gombyang Manyung

Pindang gombyang manyung adalah makanan khas Indramayu yang pertama yang akan dibahas. Bahan utama yang digunakan untuk memasak makanan yang satu ini adalah ikan manyung, dimana ikan yang satu ini berasal dari laut. Jika dilihat selintas, kuliner Indramayu yang satu ini seperti gulai, namun bahan utama yang digunakan adalah ikan.

Untuk rasa, kuliner yang satu ini cukup kaya rasa. Bahan bumbu yang biasanya digunakan untuk masakan ini adalah kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan beberapa jenis bumbu lainnya. Untuk menambah segar rasa masakan yang satu ini, belimbing wuluh sengaja ditambahkan.

  • Nasi lenko

Makanan khas Indramayu yang satu ini sudah cukup terkenal. Lengko atau orang menyebutnya dengan nasi lengko adalah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambah dengan sayuran lainnya. Di Indramayu sendiri kuliner tersebut dijadikan sebagai menu sarapan.

Bahan pelengkap yang biasanya ditambahkan pada kuliner yang satu ini, antara lain tahu goreng, tempe goreng, dan beberap jenis sayuran lainnya, seperti mentimun mentah yang diiris taoge yang telah direbus, serta daun kucai yang dipotong-potong kecil.

Bumbu atau saus yang digunakan adalah kuah kacang yang bentuknya mirip dengan rujak atau pecel. Tingkat kepedasan sendiri dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Demikian dengan kecap sebagai pelengkap.

  • Burbacek

Burbacek sendiri sebenarnya singkatan dari bubur, rumah dan cecek. Itu artinya kuliner yang satu ini terdiri atas 3 jenis kuliner, yaitu bubur, yang ditambah dengan rumbah dan cecek. Cecek ini adalah kikil sapi, kikil ini terlebih dahulu dimasak menggunakan parutan kelapa yang ditambah dengan bumbu cabai merah.

Kuliner yang satu ini kaya rasa, adanya rasa asam pedas dari rumbah, serta rasa gurih pedas dari cecek membuat kuliner yang satu ini pas jika dikonsumsi ketika siang hari. Mencari kuliner yang satu ini juga tidak sulit, karena kuliner ini banyak dijajakan di hampir setiap kawasan di Indramayu.

Apa Saja Kuliner Indramayu?

  • Orog-orog

Kuliner orog-orog ini sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai kudapan. Kuliner yang satu ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula merah, serta parutan kepala. Ini adalah salah satu kuliner yang paling disukai oleh masyarakat Indramayu.

Pada zaman dahulu kuliner ini disajikan pada acara tahlilan, tepatnya pada hari ketujuh. Namun kini, kuiliner yang satu ini mudah Anda temui dimana saja. Bahkan kini orog-orog dapat Anda temukan di toko oleh-oleh dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Indramayu selain buah mangga dan oleh-oleh lainnya.

  • Mie ragit

Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner mie. Hampir semua tempat di Indonesia mempunyai kuliner khas dari bahan mie, demikian pula dengan daerah Indramayu. Namun ada yang unik dengan kuliner mie khas Indramayu ini, bahan mie yang digunakan sama, namun kuah yang digunakan, berbeda. Mie ragit ini, menggunakan kuah santan sayur santan udang, dan sebagai pelengkap, juga ditambahkan telur yang sudah diiris tipis.

Masyarakat Indramayu, biasanya mengkonsumsi kuliner ini pada saat buka puasa. Anda akan menemukan kuliner ini di warung-warung kecil yang ada di pinggir jalan. Untuk harga tidak masalah, harga kuliner ini sangat terjangkau. Demikianlah ulasan tentang kuliner indramayu semoga bemanfaat.