Mengapa Harus Memelihara Sepeda Motor

  • 2 min read
  • Jul 13, 2019
mesin motor

Sepeda motor membutuhkan banyak perawatan. Sepeda motor berbeda dari mobil karena Anda hanya memiliki dua roda untuk membawa Anda ke jalan, dan satu baut longgar pada sepeda dapat berarti perbedaan antara perjalanan Minggu sore yang menyenangkan atau kerusakan atau lebih buruk lagi, kecelakaan.

Kami akan membahas perawatan Sepeda Motor rutin, apa yang harus dicari, dan bagaimana mencapainya. Juga bagaimana dengan menjaga mesin motor.

Jaga Kebersihan

Sementara pembersihan rutin akan memastikan sepeda Anda untuk selalu terlihat terbaik, tindakan sederhana mencuci dan merinci sepeda dapat membantu Anda menemukan area yang menjadi perhatian.

Selama pembersihan, Anda mungkin menemukan komponen yang longgar, atau yang perlu diganti. Dengan mengeringkan sepeda dengan tangan, Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat area yang bermasalah.

Ganti Minyak

Sepeda motor sangat mirip mobil. Mereka membutuhkan penggantian oli secara berkala untuk menjaga mereka tetap sehat. Interval yang disarankan adalah setiap 3 bulan atau setiap 3.000 milĀ  mana yang lebih dulu. Ada banyak kontroversi tentang penggunaan oli mesin otomotif di sepeda motor.

Periksa Rantai

Ketegangan rantai sangat penting pada sepeda, seperti pelumasan. Banyak pengendara akan melumasi rantai mereka sebelum setiap perjalanan. Ini adalah hal yang baik Anda dapat memeriksa roller rantai untuk roller cracker dan dapat memeriksa sproket pada saat yang sama untuk gigi “bengkok”.

Gunakan pelumas rantai semprotan lilin atau tuangkan sedikit minyak pada rantai. Jangan berlebihan kecuali jika Anda ingin strip minyak bagus di punggung Anda. Ketegangan penting, karena jika rantai terlalu ketat, itu akan menyebabkan keausan rantai dan sproket yang tidak semestinya.

Mengapa Harus Memelihara Sepeda Motor?

Rantai yang terlalu longgar dapat “dicengkeram,” menyebabkan kinerja yang buruk atau gangguan. Rencanakan untuk memeriksa ketegangan rantai minimal 600 mil. Ikuti instruksi pabrik untuk menyesuaikannya dengan benar. Berhati-hatilah di sini Anda tidak ingin roda belakang terkokang karena penyesuaian yang tidak tepat.

Memeriksa ban Anda dan menjaga tekanan ban yang tepat sangat penting pada sepeda. Sebelum setiap perjalanan, biasakan memeriksa ban apakah ada luka atau lecet, atau aus yang tidak rata, yang menunjukkan tekanan ban yang tidak tepat.

Saat Anda berada di sana, periksa jari-jari untuk melihat apakah ada yang rusak atau longgar. Periksa pelek untuk memastikan tidak ada penyok atau celah. Jika Anda hanya membeli satu alat untuk perawatan sepeda motor, jadikan pengukur tekanan udara berkualitas tinggi.

Periksa Kabel-Kabel

Selalu biasakan untuk memeriksa kabel dan kontrol untuk memastikan gerakan yang lancar dan tepat. Cari kabel berjumbai, dan ganti segera. Kabel kopling usang yang rusak dalam lalu lintas yang padat dapat membuat perjalanan yang menarik, memang. Lumasi kabel-kabel tersebut sesuai instruksi pabrik secara teratur.

Pemeliharaan Perangkat Keras adalah Penting

Biasakan untuk memeriksa mur, baut, dan pasak secara teratur untuk memastikan keamanannya. Biasakan berkeliling sepeda dengan kunci pas yang tepat untuk memastikan mereka kencang. Jangan mengandalkan looky-toilet.

Karena sepeda motor rentan terhadap getaran, mur dapat bekerja longgar atau baut dapat mundur dengan sendirinya. Salah satu trik pengendara tua adalah melapisi setiap baut penting dengan kamar mandi yang tertidur, dan dipasang kembali.

Ini mengurangi efek getaran pada baut. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Lock-Tite pada baut tertentu, pastikan Anda menggunakan jenis non-hardening.

Memelihara Sepeda Motor terdengar seperti tugas yang menakutkan. Ya, itu padat karya. Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda memastikan bahwa sepeda motor Anda aman untuk dikendarai. Tidak ada yang lebih penting dari itu. Hemat biaya perawatan sepeda!