Tak bisa dipungkiri setiap orang pasti pernah memiliki masalah dengan keuangan terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi yang memiliki tabungan mungkin hal tersebut mudah untuk diatasi. Tetapi bagi yang tidak mempunyai tabungan tentu akan menjadi masalah keuangan yang harus segera diselesaikan. Bagi anda yang membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak maka kini bisa memilih mengajukan pinjaman tunai secara online. Dimana pinjaman online ini akan memberikan pinjama uang secara tunai yang ditransfer ke rekening peminjam setelah melalui proses pengajuan dan verifikasi data.

Mengapa Banyak Orang Tertarik Pinjaman Online?

Selama ini masyarakat memang sudah tidak asing lagi dengan kredit atau pinjam tunai yang diberikan oleh bank. Namun pinjaman dari bank tersebut biasanya membutuhkan dokumen yang banyak dan rumit serta proses pengajuannya yang cukup lama. Selain itu terdapat pula syarat jaminan yang harus diberikan pada pihak bank sesuai dengan jumlah pinjaman yang diinginkan. Tetapi hal ini ternyata tidak berlaku pada pinjaman online. Justru pinjaman online menawarkan proses pengajuan yang mudah, syarat yang bebas ribet serta dana cair lebih cepat.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh pinjaman online mulai dari syarat, proses hingga pencairan maka tak heran jika banyak orang yang tertarik mengajukan pinjaman online. Namun peminjam sebaiknya harus tahu prosedur dan ketentuan pengajuan pinjaman online karena berbeda dari pinjaman konvensional. Perbedaan yang paling menonjol adalah tenor dan suku bunganya. Dimana untuk pinjaman online memang suku bunganya lebih tinggi karena memang bebas dari jaminan. Meskipun begitu ada banyak kelebihan yang bisa dirasakan dengan mengajukan pinjaman online ini.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Terbaik

  1. Terdaftar di OJK

Agar anda terhindar dari penipuan maka pastikan memilih pinjam tunai online yang sudah terdaftar resmi di OJK. Dimana pinjaman tersebut bisa dipastikan resmi dan ilegal sehingga dalam menjalankan layanannya maka sudah pasti mengikuti ketentuan dari OJK. Selain itu jangan mudah percaya bila pinjaman online tersebut mengaku sudah terdaftar di OJK, Sebab anda harus mengecek sendiri kebenarannya dengan mencari di situs resmi OJK.

  1. Bunga Tidak Mencekik

Lembaga pinjaman online yang terbaik akan menerapkan suku bunga yang wajar. Sebagai bahan acuan, anda bisa membandingkan nilai suku bunga tersebut dengan lembaga pinjaman dari bank. Biasanya rata-arat bankakan memberikan bunga sebesar 0,7-2 persen setiap bulannya. Sehingga bila anda menemukan pinjaman online yang menerapkan bunga harian lebih dari 1% maka perlu waspada.

  1. Alamat Kantor yang Jelas

Sebuah lembaga pinjaman online yang terbaik pasti memiliki alamat kantor yang jelas dan dicantumkan pada situs pinjaman online tersebut. Lembaga pinjaman online yang palsu tidak akan menyertakan alamat kantornya pada situs tersebut karena memang tidak mempunyai alamat kantor fisik.

  1. Situs dan Email Resmi

Pastikan mengecek keresmian alamat situs dari lembaga pinjaman online tersebut dengan melihat alamat situsnya. Untuk lembaga yang resmi biasanya akan menggunakan alamat situs berawalan “htpps” dan terdapat logo gembok. Sedangkan untuk emailnya menggunakan provider email dari perusahaan tersebut dan tidak menggunakan provider email gratis.

  1. Mekanisme yang Transparan

Lembaga pinjam online yang terbaik akan memberikan penjelasan mekanisme yang transparan bagi para peminjam. Penjelasan tersebut juga berkaitan dengan suku bunga, simulasi cicilan hingga batas pelunasan. Hal ini disebabkan karena OJK mewajibkan pinjaman online agar transparan mengenai prosedur pengajuan pinjaman.

Informasi di atas tentu bisa membantu anda supaya semakin mudah dalam memilih lembaga pinjam tunai online terbaik yang bisa dilihat dari ciri-cirinya. Untuk anda yang sedang mencari lembaga pinjaman online yang memenuhi kriteria ciri-ciri di atas maka Tunaiku adalah jawabannya. Anda bisa download aplikasinya disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.