Pasar ponsel kelas menengah sedang berkembang di Indonesia. Pasar yang menjanjikan ini membuat produsen telepon seluler terus berusaha menarik konsumen sebanyak mungkin dengan merilis produk kompetitif. Salah satu produsen yang secara intensif merilis ponsel kelas menengah di negara ini adalah Realme.

Meskipun belum satu tahun sejak didirikan, Realme telah merilis beberapa ponsel dengan harga bersaing yang telah berhasil mencuri perhatian, seperti Realme 2, Realme 2 Pro, Realme U1, dan Realme C1. Baru-baru ini, Realme baru saja merilis ponsel Realme 3 di Indonesia. Dengan harga jual yang cukup terjangkau, Realme 3 adalah ponsel pintar pilihan terbaik.

Desain

Realme 3 hadir dengan desain kontemporer, unibodi yang membuat tubuh ponsel terlihat lebih tipis. Selain itu, hasil akhir yang mengkilap dengan gradasi warna yang menjadi daya tarik membuat ponsel ini terlihat mewah. Realme 3 juga terasa ergonomis saat digenggam karena bobotnya tidak terlalu berat dan desainnya yang membulat di sekitarnya.

Tombol daya ada di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri ponsel. Posisi tombol mudah dijangkau dan terasa kokoh saat ditekan. Di bagian bawah ponsel terdapat lubang speaker, lubang audio 3,5mm, dan lubang Micro USB. Realme 3 mengusung layar dengan desain tetesan air di bagian atas sebagai kamera depan. Sementara bagian belakang dilengkapi dengan pemindai sidik jari dan dua kamera utama yang dilengkapi dengan LED flash.

Layar

Realme 3 memiliki layar IPS LCD berukuran 6,22 inci dengan resolusi 720×1520 piksel. Rasio layar 19: 9 seperti kebanyakan ponsel modern. Layarnya terlihat luas berkat desain tetesan air, membuatnya sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game atau saat memutar video. Tidak ada masalah signifikan pada layar selain level kontras yang perlu sedikit ditingkatkan. Salah satu fitur yang menarik adalah ada tiga pengaturan untuk warna layar, yaitu normal, dingin dan hangat yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna.

Apa Kelebihan dari Realme 3?

Performa

Realme 3 yang dijual di Indonesia, mengusung prosesor octa-mediatek Helio P60 AI, GPU Mali-G72 MP3, dan RAM 4GB. Sistem operasi telah mengadopsi Android Pie 9.0 dengan antarmuka ColorOS 6. Saat menguji kinerja menggunakan aplikasi benchmark, Realme 3 mampu menghasilkan skor yang lebih baik daripada beberapa ponsel dalam kisaran harga yang sama. Selain itu, ketika pengujian benchmark menggunakan aplikasi seperti AnTuTu atau Geekbench, Realme 3 tidak terasa panas sama sekali.

Kamera

Realme 3 dilengkapi dengan dua kamera di bagian belakang dan kamera selfie. Bicara soal kamera ada dua hal yang patut diacungi jempol. Pertama, teknologi Chroma Boost yang diinvestasikan oleh Realme. Dengan bantuan AI, teknologi ini membantu mendapatkan bidikan kamera yang lebih baik. Warna dalam foto menjadi lebih bergetar dengan kontras yang juga lebih baik berkat dukungan HDR (High Dynamic Range).

Baterai

Keunggulan lain dari Realme 3 adalah kapasitas baterainya yang besar, yaitu 4.230mAh. Selama pengujian, ponsel ini dapat bertahan sehari penuh (24 jam) secara konsisten setiap hari untuk komunikasi, media sosial, permainan selama sekitar 2 jam, dan menggunakan YouTube selama rata-rata 2 jam.

Ketika ponsel tidak digunakan atau dalam keadaan siaga, daya baterai juga terpelihara dengan baik tanpa pengurangan besar karena ColorOS dioptimalkan dengan benar. Untuk pengguna yang tidak bermain game atau menggunakan lampu hanya untuk komunikasi, Realme 3 dapat bertahan lebih dari satu setengah hari hingga diisi ulang.