Tingkatkan Prestasi Anak Melalui Aplikasi Edukatif

  • 2 min read
  • Jun 26, 2019
aplikasi edukatif

Anak saya saat ini tengah duduk di bangku SMP, setiap hari dia sering menghabiskan waktu untuk bermain HP. Mulai dari chatingan dengan teman-temannya, bermain sosial media, serta menonton berbagai video di Youtube. Setiap kali saya suruh dia belajar, dia sering malas, bahkan sering ketiduran kalau disuruh membaca buku.

Melihat pola belajarnya yang seperti itu saya sering khawatir dia tidak bisa mendapatkan prestasi yang baik di sekolahnya. Saya pun mencoba mencari berbagai alternatif agar dia mau belajar dengan lebih giat lagi. Ketika bertanya pada teman-teman di kantor, mereka pun menawarkan kepada saya sebuah aplikasi edukatif yang mungkin cocok untuk anak saya.

Aplikasi edukatif itu bisa diakses di HP, sehingga anak-anak mungkin akan lebih menikmati proses belajar yang tidak membosankan dengan banyak buku. Aplikasi edukatif yang ditawarkan tersebut adalah aplikasi Ruangguru, yang teman saya sendiri pun telah membuktikan keunggulannya. Sejak berlangganan aplikasi edukatif Ruangguru, prestasi anak teman saya tersebut lebih meningkat katanya. Bahkan anaknya sekarang lebih banyak memanfaatkan HP untuk belajar dibandingkan melakukan kegiatan lain yang kurang produktif.

Ruangguru merupakan aplikasi bimbingan belajar online yang bisa diakses oleh siapapun. Dengan menginstal aplikasi Ruangguru di HP melalui Playstore, anak-anak katanya bisa langsung berlangganan dan memanfaatkan semua produk yang ada di sana. Seperti salah satunya produk yang menjadi favorite banyak anak-anak, yakni Ruangbelajar.

Ruangbelajar memberikan kemudahan untuk anak menemukan berbagai materi pelajaran yang mereka butuhkan. Materi pelajaran tersebut juga dibuat dalam bentuk video, jadi kalau ingin belajar anak-anak cukup menonton videonya tanpa susah payah membaca. Video di Ruangbelajar juga disertai animasi-animasi yang membuat anak tidak cepat merasa bosan saat belajar. Bahkan animasi ini mungkin menjadi daya tarik sendiri bagi anak-anak untuk melihat videonya.

Selain itu dia Ruangguru anak-anak juga bisa melakukan latihan soal untuk menguji kemampuan mereka atas materi yang telah dipelajari. Jadi anak-anak bisa tau mana materi yang perlu mereka pelajari lebih dalam lagi untuk mendapatkan hasil nilai yang sempurna.

Nah sejak mengetahui keuntungan Ruangguru itu, saya langsung menyuruh anak saya untuk mengikuti bimbingan belajar di sana. Lalu benar saja, saat mengenal aplikasi Ruangguru ini, anak saya menjadi lebih suka belajar. Dia sangat suka dengan metode belajar melalui video, sebab dia merasa menonton video belajar dari Ruangguru seperti menonton video tutorial di Youtube.

Kini dia pun sudah mau belajar tanpa harus saya ingatkan, dan prestasinya di sekolah juga mulai melihatkan banyak peningkatan sejak berlangganan Ruangguru ini. Ruangguru benar-benar aplikasi edukatif yang membantu saya memecahkan masalah dalam menyuruh anak belajar.

Buat ibu-ibu yang anaknya memiliki kendala belajar seperti anak saya, mungkin sekarang bisa mencoba aplikasi Ruangguru. Temukan keseruan belajar dengan metode baru dan rasakan keuntungannya di kemudian hari.