Tips Menyusui untuk Ibu dengan Bayi Kembar

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Tips Menyusui

Menyusui bayi kembar memiliki banyak keuntungan baik untuk ibu ataupun sikecil. Menyusui dapat memperkuat system kekebalan bayi dan mengurangi timbulnya sindrom kematian bayi mendadak atau yang lebih dikenal dengan SIDS. Ini juga merupakan car ayang bagus bagi ibu dan anaknya untuk saing terikat. Menyusui anak kembar bisa terasa luar biasa bagi ibu bari, tetapi ribuan ibu baru berhasil menyusui bayi mereka setiap hari. Tips-tips dibawah ini akan membantu kalian sukses menyusui bayi kembar kaian sejak hari pertama seperti yang dilansir dari kabar banten hari ini terbaru.

  1. Dapatkan konsultasi laktasi

Segera setelah kalian tiba di kamar Postpartum kalian setelah melahirkan, mintalah untuk menemui Konsultan Laktasi. Sebagai ibu dari anak kembar, kalian akan menjadi prioritas baginya. Dia akan duduk bersama kalian dan mengajari kalian bagaimana cara agar setiap bayi menempel dengan benar di payudara kalian. Mempelajari cara melakukan ini sejak menyusui pertama adalah penting. Jika bayi kalian tidak mengunci dengan benar, menyusui bayi kembar bisa terasa menyakitkan dan bayi kalian tidak akan bisa menyusu dengan efisien. Itulah alasan nomor satu yang bertanggung jawab atas masalah dengan menyusui bayi kembar. Saat ini semua Konsultan Laktasi menerima pelatihan tentang cara mengajar ibu cara menyusui bayi kembar, sehingga dia akan dapat membantu kalian dengan berbagai posisi dan masalah khusus untuk bayi kembar.

  1. Temukan Konsultan Laktasi di Daerah kalian

Sebelum melahirkan, kalian mungkin ingin mencari Konsultan laktasi di daerah kalian, sehingga kalian dapat membuat janji untuk bertemu dengannya begitu kalian telah keluar dari rumah sakit. Buat janji dengan seseorang. Dan pastikan banyak orang dirumah kalian yang akan membantu kalian untuk mengurus si kecil.

  1. Dapatkan dalam Posisi Menyusui yang Nyaman

Posisinya sangat penting saat menyusui anak kembar. Ada banyak posisi yang disukai ibu saat menyusui bayi kembar dan tidak ada cara yang benar. Posisi menyusui kembar harus memungkinkan kalian untuk merilekskan punggung dan leher kalian. Postur pilihan kalian harus memungkinkan pencernaan yang mudah saat bayi menyusu. Kalian dapat menemukan sejumlah posisi membantu di waktu yang berbeda. Tujuannya adalah untuk mencoba berbagai posisi hingga kalian menemukan posisi yang paling cocok untuk kaian dan bayi kembar kalian.

Menyusui kembar memiliki banyak keuntungan baik bagi ibu maupun bayinya.

  1. Dapatkan Bantal Menyusui yang Nyaman

Dapatkan bantal menyusui khusus yang dirancang untuk anak kembar. The Brest Brest My Supportive Nursing Pillow Untuk Kembar 0-12 Bulan, Plus-Size adalah bantal menyusui yang paling berguna untuk kembar. Lembut dan menyediakan banyak ruang untuk kedua bayi. Tali ini juga luar biasa, karena menjaga bantal tetap di tempat saat kaian menggerakkan si kembar dan membantunya menempel dengan benar.

  1. Gunakan pakaian dan bra busui

Pada awalnya, kalian akan mendapati atasan menyusui 2-in-1 yang lembut dan nyaman dengan bra bawaan menjadi sangat berguna. Sementara kalian belajar bagaimana merawat bayi kembar dan sering memberi makan bayi kembar, kalian akan menemukan diri kalian terus-menerus perlu memaparkan payudara kalian untuk disusui. Atasan ini juga memudahkan menyusui kedua bayi kembar sekaligus.

  1. Mulai dengan Satu Kembar Sekaligus

Sebagai orang tua baru atau orang yang memiliki pasangan kembar pertama kalian, disarankan agar kalian mulai secara bertahap, dengan kembaran pada satu waktu ke payudara. Setelah masing-masing kembar terkunci dengan benar dan kalian merasa nyaman, mulailah mencoba memberi makan kembar lainnya pada waktu yang bersamaan. Bersabarlah dengan diri sendiri dan tahu bahwa kalian akan menguasai kembar menyusui pada saat yang sama. Ini adalah keterampilan seperti yang lain dan hanya membutuhkan latihan.

Leave a Reply