Ulasan Seputar Penyebab, Gejala dan Obat Herbal Kista Ovarium

  • 2 min read
  • Apr 29, 2020
Obat Herbal Kista Ovarium

Kista merupakan gangguan kesehatan dimana di dalam rahim wanita tumbuh benjolan massa yang berisi cairan. Kista sebenarnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya namun bisa juga tumbuh besar. Semakin besar kista, maka cara pengobatan yang dilakukan di dunia medis adalah dengan mengangkatnya melalui operasi. Namun bagi mereka yang tidak menghendaki operasi, dapat mencoba alternatif obat herbal kista ovarium tanpa operasi yang saat ini sudah bisa dibeli dalam sediaan yang lebih modern.

Penyebab kista masih belum dapat dipastikan, namun bagi wanita yang memiliki produksi hormon estrogen lebih tinggi memiliki resiko terkena kista yang juga lebih tinggi. Selain itu wanita usia produktif juga memiliki kemungkinan terkena kista yang lebih besar. Sedangkan bagi wanita yang sudah menikah justru memiliki kemungkinan yang lebih kecil terkena kista. Karena memiliki hubungan yang erat dengan sistem hormonal, pengobatan kista juga dilakukan secara hormonal untuk kista yang masih relatif kecil. Namun untuk kista yang sudah membesar dan menyebabkan masalah kesehatan, tindakan operasi akan lebih disarankan oleh tenaga medis.

Kista sendiri bisa tanpa gejala saat masih berukuran kecil. Meski begitu, jumlah kista di dalam rahim bisa lebih dari satu atau banyak sehingga cepat atau lambat dapat menimbulkan gejala. Gejala kista antara lain:

  • Masa menstruasi menjadi lebih lama.
  • Terasa nyeri di bagian bawah panggul.
  • Rasa nyeri saat berhubungan seksual atau setelah berhubungan seksual.
  • Kistayang mendesak kandung kemih akan menyebabkan penderitanya lebih sering buang air kecil.
  • Penderita mengalami kesulitan untuk mengandung.
  • Sembelit.
  • Perut membesar seperti kembung.

Bagi penderita kista, ada beberapa alternatif pengobatan yang bisa dilakukan. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa pengobatan sekaligus misalnya dengan menggabungkan obat medis atau terapi hormon dengan obat tradisional. Berikut ini adalah beberapa obat tradisional yang bisa Anda pilih untuk mengatasi Kista pada rahim:

  • Jahe merah.

Jahe merah memiliki khasiat yang digunakan untuk beberapa jenis penyakit salah satunya adalah kista. Memiliki manfaat yang secara selektif dapat membunuh kista tanpa mempengaruhi sel sehat lainnya. karena khasiatnya tersebut, jahe merah juga baik digunakan untuk pasien kanker atau tumor.

  • Kunyit putih.

Kunyit putih juga bisa Anda pilih untuk mengatasi kista jika tak ingin operasi. Kunyit putih memiliki zat keton, tumein, borneol hingga kurkumin yang dapat bermanfaat untuk mengempiskan kista hingga menambah kekebalan tubuh penderita.

  • Mengkudu.

Mengkudu dikenal sebagai obat hipertensi dan asam urat. Namun selain itu ternyata mengkudu juga bisa digunakan oleh pasien kista untuk membantu mengempiskan kista hingga menghilangkannya.

  • Daun sirsak.

Daun sirsak telah banyak digunakan oleh pasien tumor hingga kanker untuk membantu membunuh sel abnormal. Daun sirsak juga bisa Anda gunakan untuk kista agar tak membesar dan akhirnya menghilang.

Obat herbal kista di atas bisa Anda konsumsi dengan racikan tradisional seperti merebus dan meminum airnya atau mengkonsumsi langsung dari air perasannya. Selain itu Anda juga bisa mencari ekstraknya yang telah dijadikan kapsul di toko obat sehingga lebih praktis dalam meminumnya. Terapi dengan obat herbal juga bisa dilakukan untuk jenis kista selain kista ovarium misalnya kista kulit. Untuk melihat hasil dari pengobatan herbal yang dilakukan, jangan lupa untuk melakukan cek USG agar dapat diketahui dengan pasti kondisi kista yang ada.