Variasi Harga Timbangan Digital dan Manfaatnya

  • 4 min read
  • May 30, 2020

Jika ingin mengetahui besarnya harga timbangan digital, Anda harus mengetahui terlebih dulu jenis dan fungsi timbangan digital tersebut. Timbangan digital sendiri merupakan alat elektrik yang berfungsi untuk menimbang atau mengukur berat sebuah barang atau berat badan, timbangan digital pun memiliki beragam ukuran, bentuk dan harga yang berbeda-beda.

Ada berbagai macam harga timbangan digital dan jenisnya yang sudah diketahui dan digunakan secara umum, beberapa diantaranya sering digunakan sehari-hari. Misalnya saja, timbangan digital tahan air (waterproof), timbangan bayi, timbangan mobil, timbangan harga retail (retail computing scale), dan timbangan penghitung satuan (counting scale). Jika Anda ingin mengetahui apa saja fiturnya dan berapa harganya, maka Anda bisa melihat informasi berikut ini.

Timbangan Digital Tahan Air

Harga Timbangan Digital Tahan Air

Timbangan digital yang berjenis tahan air / waterproof ini sama halnya dengan timbangan-timbangan digital atau elektronik lainnya, yaitu memiliki kelebihan dan manfaat tersendiri. Kelebihannya sudah diketahui kalau timbangan digital jenis ini memiliki ketahanan terhadap air atau lingkungan berair dan lembab, dan biasanya timbangan ini difungsikan dan bermanfaat untuk industri ikan atau hewan air.

Sedangkan, untuk harga timbangan digital tahan air seperti ini berada dikisaran harga mulai dari di atas 500 ribuan hingga mencapai 3 jutaan rupiah. Timbangan ini memang bersifat tahan terhadap air, bentuknya pun bervariasi. Tapi jenisnya bisa digunakan untuk menimbang apapun selain untuk menimbang ikan-ikanan dan hewan air.

Selain itu, fitur lainya juga mendukung seperti penunjuk angka berupa layar LED agak besar serta plat timbangan yang disegel dengan kuat karena desainnya yang terbuat dari stainless, bahkan kapasitasnya juga ada yang berbeda-beda mulai dari kapasitas 3 kilogram hingga kapasitas 15 kilogram.

Harga Timbangan Digital Mobil

Jenis timbangan digital atau elektronik yang selanjutnya adalah jenis timbangan digital untuk mobil, untuk jenis ini pastinya ditujukan untuk menimbang berat sebuah mobil. Timbangan ini sangat berperan dalam menjaga keamanan lalu lintas, karena dengan adanya timbangan ini bisa menjaga agar berat beban yang di dalam mobil tidak melebihi kapasitas mobil itu sendiri.

Biasanya, yang menggunakan timbangan ini adalah pengusaha yang mempunyai bisnis dan harus mengangkut barang-barang tersebut menggunakan mobil pengangkut atau mobil pick up. Selain itu, jenis timbangan ini sering disebut jembatan timbang. Sedangkan, untuk harga timbangan digital jenis ini bisa mencapai di atas 50 juta rupiah bahkan hingga mencapai hamper 200 jutaan.

Tapi hal tersebut tergantung dari beratnya kapasitas timbangan tersebut. Karena kapasitas atau berat beban bawaan mobil cukup berat, sehingga jenis timbangannya pun juga harus lebih besar. Jadi, tidak heran kalau harganya pun ikutan tinggi. Bahkan, tidak hanya mobil tapi juga ada jenis timbangan untuk truk atau mobil-mobil jenis besar. Disesuaikan dengan jenis kendaraan darat yang ada, dan kapasitas dan kemampuan mengangkut bebannya.

Harga Timbangan Digital Harga Retail (Retail Computing Scale)

Timbangan digital harga retail atau yang biasa disebut retail computing scale merupakan timbangan yang biasa dipakai menimbang buah, oleh-oleh, makanan kecil atau cemilan, daging dan lain sebagainya, dan sering dipakai di mal atau tempat perbelanjaan atau pasar swalayan. Timbangan ini dilengkapi dengan 3 display, bahkan, juga ada yang memiliki fitur yang lebih lengkap lagi seperti misalnya fitur memori yang besar sehingga bisa menyimpan PLU sampai 3000.

Yang artinya, timbangan ini bisa menyimpan data harga barang dan serta jenis barangnya tersebut hingga 3 ribu item. Adapun display yang dimaksud antara lain yaitu display harga perkilo untuk barang yang ditimbang, display penunjuk berat, dan display total harga keseluruhan.

Serta fitur terakhir bisa membuat jurnal lengkap berupa laporan mengenai semua data tentang sebuah barang, mulai dari barang yang sudah terjual, nama dan lengkap beserta harganya. Selain itu, juga dilengkapi dengan printer untuk mencetak semua data tersebut serta data transaksinya.

Disamping itu, harga timbangan digital jenis ini memiliki harga bervariasi. Yaitu ada yang berada di harga di atas 1 jutaan hingga ada juga yang memiliki harga di atas 2 jutaan, tergantung dari jenis merk dan kualitasnya.

Harga Timbangan Digital Penghitung Satuan (Counting Scale)

Jenis timbangan berikutnya juga masih berhubungan dengan barang-barang kecil, dan kali ini barang-barang tersebut memang yang berjumlah lebih dari satu tapi bisa dihitung dalam jumlah satuan. Timbangan hitung ini menimbang barang berjumlah, hingga bisa dihitung dalam satuan.

Contoh barang berjumlah tersebut misalnya barang-barang berbentuk seperti mur, baut, kancing, tablet obat ataupun barang kecil lainnya. Penggunaan timbangan ini tidak sulit, namun perlu dilakukan untuk barang contoh terlebih dulu misalnya dalam jumlah 10 kancing. Baru setelah itu, akan tersimpan data tersebut dalam memori data agar dikemudian hari sudah bisa menimbang untuk berapapun jumlah barang tersebut.

Untuk harga timbangan digital penghitung satuan ini mungkin agak sedikit lebih mahal, karena memang agak berbeda dengan yang lain. Harganya ada yang membandrol lebih dari 3 juta rupiah, tapi ada juga yang memberi harga mencapai di atas 5 jutaan rupiah. Tergantung dari jenis kapasitasnya, tapi yang lebih sering beredar adalah untuk kapasitas 30 kilogram.

Harga Timbangan Digital Bayi

Jenis timbangan digital yang terakhir agak berbeda, karena timbangan digital ini berfungsi untuk menimbang berat badan. Hanya saja, berat badan yang ditimbang adalah berat badan bayi. Untuk timbangan digital khusus berat badan bayi ini, serin ditemukan di tempat-tempat seperti puskesmas, rumah sakit, posyandu ataupun klink dan bidan. Sebelum memeriksa kondisi bayi atau hanya sekedar mengecek berat badan di posyandu, timbangan digital seperti inilah yang digunakan. Timbangan ini bekerja secara elektonis, dan terdiri dari 2 unit yaitu unit pertama terdiri dari mesin pengukur atau alat ukur digitalnya dan unit kedua tempat untuk menimbang bayinya. Unit kedua ini biasanya berupa bak yang bisa dijadikan untuk menidurkan bayinya saat ditimbang,

Timbangan inipun sudah bisa Anda dapatkan secara personal, jika Anda ingin melakukan sendiri pada bayi Anda. Sebelumnya timbangan bayi banyak yang dibuat dari bahan kain seperti ayunan yang ada di posyandu. Namun sekarang dipermudah dengan adanya timbangan elektrik yang sering ditemukan di rumah sakit atau ditempat-tempat kesehatan lainnya.

Untuk harga timbangan digital bayi ini dimulai dari di atas 100 ribu hingga 500 ribu rupiah, tapi ada juga yang lebih mahal yaitu di atas 1 juta rupiah. Variasi timbangan digital jenis ini juga beragam, tapi yang paling sering ditemukan adalah bentuk yang memiliki tempat seperti bak. Sedangkan, untuk merk sangat banyak sekali tersedia.

Itulah beberapa jenis timbangan digital yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari lengkap beserta dengan kisaran harganya. Sehingga, untuk Anda yang memiliki keperluan untuk membeli salah satu jenis timbangan digital di atas perlu mempertimbangkan jenis merknya jika ingin bernegosiasi dengan harga.